Kunjungan Lapangan Mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong ke BMKG Kelas 1 Sorong DEO: Menggali Pengetahuan Tentang Cuaca dan Iklim

Kunjungan Lapangan Mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong ke BMKG Kelas 1 Sorong DEO: Menggali Pengetahuan Tentang Cuaca dan Iklim

Sorong, 22 Mei 2024 – Mahasiswa Fakultas Pertanian Program Studi Agribisnis yang menawarkan Mata Kuliah Agroklimatologi dan Dasar-dasar Agronomi melaksanakan kunjungan lapangan ke BMKG Kelas 1 DEO Sorong yang berlokasi di Komplek Bandara DEO Sorong, Papua Barat Daya.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengenal lebih jauh alat-alat yang digunakan dalam pengukuran suhu, cuaca, dan iklim. Selain itu, mahasiswa juga mengumpulkan data tentang cuaca, iklim, dan geofisika melalui stasiun pengamatan dan alat pemantauan. Informasi ini sangat penting untuk memahami perubahan lingkungan yang dapat berdampak pada pengembangan produk atau jenis komoditi pertanian serta memberikan peringatan dini terkait bencana alam. Mahasiswa juga diharapkan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang fenomena cuaca dan geofisika.

Kegiatan kunjungan lapangan ini dibagi dalam tiga sesi. Pada sesi pertama, staf BMKG, Bapak Hamzah, memberikan pemaparan materi tentang perkembangan teknologi peralatan pengamat cuaca. Sesi kedua melibatkan pengenalan alat dan fungsinya di Taman Alat Meteorologi. Pada sesi ketiga, mahasiswa mengunjungi ruangan sistem peralatan digitalisasi untuk melihat lebih dekat bagaimana data cuaca dan iklim diolah dan dianalisis.

BMKG Kelas 1 Sorong dipilih karena sesuai dengan materi yang diajarkan dalam mata kuliah Agroklimatologi dan Dasar-dasar Agronomi. Lokasinya yang berada di poros kota dan mudah dijangkau juga menjadi pertimbangan utama. Mata kuliah Agroklimatologi membahas unsur-unsur seperti suhu udara, kelembaban udara, awan, arah dan kecepatan angin, keadaan cuaca, penglihatan mendatar, tekanan udara, dan presipitasi yang semuanya berkaitan erat dengan kegiatan di BMKG. Sedangkan mata kuliah Dasar-dasar Agronomi menekankan pengaruh iklim terhadap produksi dan jenis komoditi pertanian.

Kunjungan lapangan ini memberikan wawasan yang sangat berharga bagi mahasiswa dalam memahami pentingnya pengamatan cuaca dan iklim dalam bidang pertanian serta pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

new web id