SEMINAR NASIONAL DAN MUSYAWARAH WILAYAH ASOSIASI BADAN PENYELENGGARA PERGURUAN TINGGI SWASTA INDONESIA: REVITALISASI DAN REDINAMISASI MANAJEMEN YAYASAN MENUJU TATA KELOLA BARU

SEMINAR NASIONAL DAN MUSYAWARAH WILAYAH ASOSIASI BADAN PENYELENGGARA PERGURUAN TINGGI SWASTA INDONESIA: REVITALISASI DAN REDINAMISASI MANAJEMEN YAYASAN MENUJU TATA KELOLA BARU

Sorong, 21 Juni 2024 – Dalam upaya meningkatkan kualitas manajemen yayasan perguruan tinggi swasta di Indonesia, Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABP PTSI) bekerjasama dengan Universitas Kristen Papua (UKiP) Sorong menggelar Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah di ASTON Hotel Sorong. Acara ini mengusung tema “Revitalisasi dan Redinamisasi Manajemen Yayasan Menuju Tata Kelola Baru,” yang diharapkan mampu memberikan pandangan baru dan solusi inovatif dalam pengelolaan yayasan.

Acara ini menghadirkan para pakar dan pemimpin di bidang pendidikan tinggi swasta sebagai pembicara utama. Ketua Umum ABP PTSI, Prof. Dr. Thomas Suyatno, memberikan pandangan mengenai pentingnya revitalisasi dalam manajemen yayasan. Menurutnya, revitalisasi merupakan langkah krusial untuk memastikan bahwa yayasan dapat beradaptasi dengan perubahan dan tantangan di dunia pendidikan tinggi yang semakin dinamis.

Prof. Dr. Mts Arief, M.M., M.B.A. CPM, Sekretaris Jenderal ABP PTSI, membahas tentang redinamasi manajemen yayasan. Ia menekankan bahwa redinamasi bukan hanya tentang memperbarui sistem yang ada, tetapi juga mengubah paradigma dan pendekatan dalam pengelolaan yayasan agar lebih responsif terhadap kebutuhan zaman dan kebutuhan sumber daya manusia.

Sementara itu, Dr. Suriel Semuel Mofu, S.Pd., M.Ed., M.Phil, Kepala LLDIKTI Wilayah XIV, berbicara mengenai tantangan dan peluang dalam pengelolaan yayasan di wilayah Papua dan Papua Barat. Ia menyoroti pentingnya kolaborasi dan sinergi antara yayasan, pemerintah, dan sektor swasta untuk mencapai tata kelola yang lebih baik.

Acara ini juga diawali dengan sambutan dari dr. Sophian Andi, M.Pd.K., Ketua ABP PTSI Papua Barat, yang menyampaikan harapannya agar seminar ini dapat menjadi wadah bagi seluruh yayasan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam pengelolaan pendidikan tinggi.

Dengan diadakannya seminar ini, ABP PTSI berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam memperbaiki dan meningkatkan tata kelola yayasan perguruan tinggi swasta di Indonesia, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di kancah global.

new web id