Pembukaan Pelatihan Pengelasan di BLKK Yayasan Pendidikan Kristen Neria Papua

Pembukaan Pelatihan Pengelasan di BLKK Yayasan Pendidikan Kristen Neria Papua

Sorong, 7 Mei 2024 – BLKK Yayasan Pendidikan Kristen Neria Papua secara resmi membuka pelatihan pengelasan, dihadiri oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Sorong, serta perwakilan Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan ESDM Provinsi Papua Barat Daya. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal melalui pelatihan yang berbasis kompetensi di bidang teknik las.

Acara pembukaan dimulai dengan sambutan dari Kepala BLKK, Bapak Ricky Montang. Dalam pidatonya, ia menekankan pentingnya pelatihan ini untuk membekali peserta dengan keterampilan yang relevan dan diakui di industri. “Pelatihan ini adalah langkah strategis bagi generasi muda Papua untuk membangun masa depan yang cerah, berbekal keterampilan yang tepat guna dan siap pakai,” kata Ricky Montang.

Ibu Dourince Kambu, S.H, perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kota Sorong, menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif ini sebagai program yang dapat membantu mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan perekonomian daerah. Bapak Meki Jitmau, S.E dari Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan ESDM Provinsi Papua Barat Daya menegaskan bahwa pelatihan ini sejalan dengan prioritas pemerintah daerah dalam mendorong keterampilan teknis dan mendukung pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 20 hari, dengan 18 hari pelatihan intensif pengelasan dan 2 hari ujian sertifikasi keahlian pengelasan yang akan dilakukan oleh Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong. Dengan sertifikasi keahlian dari BPVP Sorong, peserta diharapkan dapat memiliki nilai tambah dalam memasuki pasar tenaga kerja.

Para peserta akan menerima pendidikan menyeluruh dan praktis, dari teknik pengelasan terkini hingga standar keselamatan kerja. Selain itu, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk magang di perusahaan-perusahaan mitra yang telah bekerja sama dengan yayasan, memberikan pengalaman nyata di lapangan.

Yayasan Pendidikan Kristen Neria Papua berharap bahwa program ini akan mencetak tenaga kerja yang kompeten dan profesional di bidang pengelasan, mendukung pembangunan infrastruktur yang sedang berlangsung di Papua Barat Daya, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

new web id